08 Juli 2009

Menikmati Perjalanan


Rabu, 8 Juli 2009

Saat naik delman, aku jadi teringat dengan salah satu lagu yang sangat terkenal:

Hari Minggu kuturut ayah ke kota
Naik delman istimewa kududuk di muka
Di samping pak supir yang sedang bekerja
Mengendarai kuda supaya baik jalannya
Tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk...
Tuk tik tak tik tuk tik tak...
Suara sepatu kuda...

Dalam foto itu, aku sedang menikmati perjalanan naik delman 'istimewa' di Jalan Gunung Batu, Bandung. Seru nian saat itu. Saat itu aku menuju sebuah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Komplek Cimindi Raya. Di sana aku akan melihat Wakil Walikota Cimahi, Eddy Rahmat, mencontreng. Juga mengontrol kondisi keamanan saat pelaksanaan Pilpres, Rabu, 8 Juli 2009.

Memang seru. Kunikmati tugas jurnalistikku itu dengan mengendarai delman yang telah jarang ada di kota-kota besar. Kuanggap itu sebagai pelepas penat yang selalu aku lakukan setiap saban hari.

Siang itu, aku naik delman dari kawasan Stasiun Cimindi, Kota, Cimahi, di sebuah tempat ngetem banyak delman. Perjalanan sungguh menantang. Yang sibuk bukan hanya pengendara delman, melainkan juga para penumpangnya. Jika pengendara sibuk mengendalikan kudanya, sedangkan penumpang 'sibuk' membenarkan tempat duduk, memegang kokoh tempat duduk agar tak bergeser karena sesekali tempat duduk penumpang turun-naik dan sangat mengganggu penumpang yang badannya tidak seimbang. Akhirnya, tak sampai 10 menit, aku pun tiba di lokasi yang kutuju.

Sungguh nikmat menikmati perjalanan menggunakan delman: penuh kenikmatan sekaligus tantangan. Aku salut dengan para pengendara delman karena dalam mengendarai delman diperlukan konsentrasi dan keahlian khusus agar delman berjalan seimbang dan kudanya selalu 'nurut' kepada sang majikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar