02 Juni 2009

Wisuda Nan Syahdu


Rabu, 27 Mei 2009
Pagi itu, langit cerah menyerubungi Kota Bandung. Panorama itu memberikan nuansa indah sekaligus memberikan pesan agar setiap individu selalu mengawali langkah dengan penuh semangat.
Pukul enam pagi, aku dan keluargaku telah keluar rumah. Kami naik mobil Carry menuju Unpad, Jalan Dipatiukur, untuk mengikuti acara-acara yang berkesan dalam kehidupanku dan keluargaku. Hari ini kami akan menghadiri acara wisuda karena aku telah menyelesaikan studiku di kampusku, almamater tercintaku.
Setelah tiba di kampus Unpad Dipatiukur, kami langsung terpisah. Aku mengiringi para wisudawan yang lain. Sedangkan kedua orang tuaku berjalan menuju para orang tua/wali wisudawan yang lain.
Ketika masuk ke dalam ruangan, suasana khidmat terjadi di sana. Suasana senang, pilu, dan syahdu bersatu padu di ruangan itu. Ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya, aku merasakan seperti ketika aku duduk di bangku SD sampai dengan SMA dulu.
Namun, kini aku merasakan sesuatu yang lebih. Sungguh jauh berbeda. Ini adalah saat terakhirku berada di kampus tercintaku. Ini pula adalah kesempatan bagi diriku memberikan 'kesenangan' kepada kedua orang tuaku. Aku ber-azzam akan memberikan surprise kepada mereka di saat terakhirku berada di kampus ini. Apalagi, mereka belum tentu bisa setiap tahun berkunjung sini. Terutama disebabkan oleh tanah asalku yang sangat jauh dari sini, yaitu dari Provinsi Sumatera Selatan.
Alhamdulillah, akhirnya aku berhasil memberikan memori yang mungkin tak akan dilupakan oleh mereka. Aku dinobatkan sebagai wisudawan tercepat daripada wisudawan yang lain. Aku berhasil mencapai kelulusan di kampusku dengan waktu 3 tahun 6 bulan di usiaku yang relatif muda: 21 tahun 7 bulan.
Alhamdulillah robbil 'aalamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar